Selasa, 22 Desember 2015

Makalah TIK



Perangkat Keras dan Fungsinya Untuk Keperluan Akses Internet

Disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah TIK
Dosen Pengampu:
Andi Ainunnajib Fikri., S.T.



 














Disusun oleh:
M.Rijal Risalam S
Mamal Jamaludin
Saeful Uyun



FAKULTAS TARBIYAH
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM DARUSSALAM
CIAMIS JAWA BARAT
2014 /2015

KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur hanyalah untuk Allah SWT semata, yang telah memberikan Nikmat Iman dan Islam Nya, Shalawat dan Salam selalu tercurahkan pada Nabi Muhammad SAW semoga kita semua dapat Syafaat Beliau di Hari Pembalasan Kelak, aamiin.
Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata  kuliah Tekonologi Informasi dan Komunikasi. Penyusun berharap makalah ini dapat menambah pengetahuan pembaca tentang konsep di dalamnya sehingga pada akhirnya kita semua mendapatkan wawasan tentang ilmu pengetahuan khususnya di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
Akhirnya penyusun menyadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna, untuk itu penyusun mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca, sehingga makalah ini bisa mencapai kesempurnaan.




Darussalam, Desember  2015


Penyusun










DAFTAR ISI

DAFTAR ISI ............................................................................................................ i
KATA PENGANTAR ............................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang ............................................................................................. 1
1.2  Rumusan Masalah ........................................................................................ 1
1.3  Tujuan Pembahasan ..................................................................................... 1
1.4  Manfaat Penulisan ....................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN
2.1  Perangkat Keras dan Fungsinya untuk keperluan
Akses internet ............................................................................................. 2-4
2.2  Cara Akses Internet....................................................................................... 5
BAB III PENUTUP
3.1  Kesimpulan ................................................................................................... 6
DAFTAR PUSTAKA .............................................................................................. 7





BAB 1
PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang
Internet merupakan salah satu fasilitas yang tak bisa dilepaskan dalam kehidupan seseorang per – hari bahkan per detiknya.Di Era Modern seperti sekarang ini, dimana kebutuhan seseorang ataupun segala akses dalam kehidupan dapat diperoleh dengan mudah, cepat tanpa akan memakan banyak waktu, Internet semakin hari tentu semakin berkembang, melihat dan menyesuaikan diri dengan kebutuhan individu itu sendiri dari waktu ke waktu.
Dalam mengoperasikan Internet tentunya tak akan pernah lepas dari perangkat penunjang yang memang akan selalu ada terutama di Personal Computer (PC) yang biasa kita gunakan.
Perangkat Penunjang tersebut juga tak akan lepas dari Perangkat Keras (Hardware) yang fungsi dan Perannya tak akan


1.2 Rumusan Masalah
1.         Bagaimana Fungsi Perangkat Keras untuk Keperluan
Akses Internet ?
2.         Bagaimana cara Akses Internet?

1.3  Tujuan Pembahasan
1.         Untuk Mengetahui Fungsi Perangkat Keras untuk Keperluan Akses Internet
2.         Untuk mengetahui cara Mengakses Internet

1.4   Manfaat Penulisan
Dengan disajikan nya makalah ini, penyusun berharap semua pembaca baik kalangan pelajar, mahasiswa atau kalangan masyarakat umum dapat memahami pembahasan yang berkaitan dengan Akses Internet
BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Perangkat Keras dan Fungsinya untuk Keperluan Akses Internet
          Perangkat Keras ( Hardware) merupakan suatu komponen penting untuk mengakses Internet, tanpa adanay Perangkat Keras Software(Perangkat Lunak) tak mungkin bisa dioperasikan, salah satunya untuk mengakses intenet yang notabene merupakan software, berikut merupakan Fungsi Hardware penunjang Keperluan Akses Internet :
1.                   Komputer
            Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet. Spesifikasi komputer yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. Semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya.
Berikut Spesifikasi minimal sebuah komputer :
a. Processor
 Merupakan otak dari komputer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dalam komputer. Processor minimal pentium III 500Mhz.
b. RAM (Random Access Memory)
Berfungsi sebagai media penyimpanan sementara. RAM minimal 64MB.
c. Harddisk
Digunakan untuk penyimpanan data magnetik. Harddisk minimal 10GB.
d. VGA card, merupakan perangkat keras untuk menampilkan gambar pada layar monitor. VGA card minimal 4MB.
e. Monitor, merupakan perangkat output untuk menampilkan proses kerja komputer.
2. MODEM
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.
Berdasarkan fungsinya modem dibagi menjai tiga jenis. Antara lain:
a. Modem dial Up biasa digunakan oleh Personal Computer (PC) yang langsung dihubungkan melalui saluran telepon.

b. Modem Kabel (Cable Modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel.

c. ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain.

3.      Saluran Telepon
Saluran telpon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan sauran telpon ini juga diikuti dengan penggunan modem dial up. Selain saluran telpon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel.
4.      Hub
Fungsi Utama dari Hub adalah untuk membagi jaringan dari satu server menuju klien komuter dalam satu jaringan, terutama jaringan LAN. Secara teoritis, hub sendiri adalah sebuah hardware yang merupakan suatu central connection point pada suatu jaringan, yang berfungsi mneerima sinyal dari server dan kemudian mentransmisikannya ke client yang akan membentuk suatu jaringan.
5.      Switch
Switch memiliki fungsi yang sama seperti hub yaitu dapat membantu memecah – mecah jaringan lokal dari komputer server, bedanya switch dengan hub adalah berdasarkan kemampuannya. Switch memiliki kemampuan yanglebih pintar dari hub, karena switch mampu membatasi dan juga mengatur jumlah paket data yang ditransmisikan kedalam komputer client yang terhubung dalam jaringan. Dengan menggunakan Switch pengaturan data antar client bisa dibedakan.
6.      Bridge
Bridge memiliki fungsi utama untuk menjembatani jaringan, yaitu menggabungkan lebih dari satu jaringan lokal kedalam satujaringan yang lebih luas, ataupun sebaliknya, memecah satu jaringan lokal /LAN yang luas menjadi beberapa jaringan lokal yang lebih kecil. Selain itu, bridge juga dapat menjadi penghubung antar dua atau lebih jaringan lokal dengan tipologi jaringan yang berbeda.
7.      Router
Secara khusus, fungsi router bisa sepertia access point, dimana biasa meneruskan koneksi internenet dari broadband atau provider menuju lokasi komputer client. Namun demikian, pada dasarnya fungsi router lebih banyak daripada itu, karena router digunakan untuk membeikan rute atau jalan – jalan tertentu bagi paket yang ditransmisikan.
8.      Acces Point
Aces Point hanay digunakan untuk memancarkan sinyal wireless yang diterima dari router ataupun broadband untuk membuat suatu jaringan WLAN atau Wireless Area Network, Fungsi ini jauh lebih sederhana dibanding dengan router yang kompleks dan banyak.
9.      Kabel
Kabel Berfungsi untuk membawa paket data dari server menuju client, tentunya dalam suatu jaringan yang bukan merupakan jaringan wireless. Biasanya, kabel ayang digunakan adalah jenis kabel UTP (Ushielded Twisted Pair) coaxial, dan juga kabel Fiber Optic. Tentu dengan penggunaan kabel dalam jaringan komputer sangat efektif  terutama ingin membangun sebuah jaringan lokal, karena biaya nya lebih murah dibandingkan wireless.
10.  NIC atau Ethernet Card
NIC merupakan kependekan dari Network Interface Card yang merupakan suatu kartu yang juga biasa dikenal Ethernet card yang memegang peranan penting dalam jaringan komputer. Ethernet Acrd merupakan kartu jaringan yang ditanamkan pada komputer,yang mana akan membuat sebauah komputer mampu terhubung ke jaringan LAN.
11.       Konektor
Konektor merupakan alat yang dipasang pada masing ujujng kabel jaringan untuk menghubungkan adapter network dengan kabel. Berbagi jenid konektor jaringan ini harus disesuaikan dengan tipe dan jenis kabel jaringan yang dipakai.
a.       Konektor RJ-45 untuk kabel UTP
b.      Konektor BNC/T untuk kabel coaxial
c.       Konektor ST untuk Kabel Fiber Optic
12.  Repeater
Repeater merupakan perangkat keras jaringan komputer untuk memperkuat sinyal jika digunakan jarak yang jauh. Dengan adanya repeater ini jaringan ynag tidak terjangkau oleh jarak yang jauh dalam suatu LAN, dapat dikembangkan dan ditari agak jauh dan memperoleh sinyal yang cukup.








2.2  Cara Akses Internet
1.      Menggunakan ISP (Internet Service Provider)
     Untuk membuat koneksi dengan ISP Telkomnet, kita perlu melakukan beberapa tahapan berikut, yaitu :
a. Langkah awal untuk membuat koneksi dengan Telkomnet, yaitu bukalah ‘Network Conection’    yang berada pada Start> Settings>Network Connection.
b. Kemudian pilihlah menu ‘Create a new connections’ pada bagian kiri atas, bila muncul tampilan      “New Connection Wizard”maka tekan tombol ‘Next’
c. Kemudian kliklah ‘Connect to the Internet’, lalu tekan tombol ‘Next’
d. Selanjutnya kliklah ‘Set up my connection manually’ lalu tekan tombol ‘Next’
e. Kliklah ‘Connect using a dial-up modem’ lalu tekan tombol ‘Next’
f. Tuliskan nama ISP yang akan dihubungi, misalnya “Telkomnet”. Kemudian tekanlah tombol “Next’
g. Selanjutnya isikan nomor telepon ISP Telkomnet, yaitu 080989999. Kemudian tekanlah tombol ‘Next’
h. Langkah berikutnya adalah mengisikan user name dan password untuk Telkomnet, user name-nya adalah telkomnet@instan dan pasword-nya telkom. Selanjutnya tekanlah tombol ‘Next’
i. Tekan tombol ‘Finish’ untuk mengakhiri pembangunan koneksi ke ISP, maka akan muncul tampilan ‘dial-up’ berupa tampilan “Connect Telkomnet”
j. Untuk melakukan koneksi ke Telkomnet, tekanlah tombol ‘Dial’. Kemudian muncullah tampilan yang menunjukkan komputer sedang membangun koneksi dengan Telkomnet yaitu ditandai dengan tulisan “Connecting Telkomnet…..”
k. Setelah pembangunan koneksi berhasil, maka akan muncul pesan “Telkomnet is now connected” yang menunjukkan bahwa kita telah terhubung dengan Telkomnet.
2. Menggunakan metode Dial up
1.       Pastikan modem sudah terpasang dan terinstall caranya buka control panel > phone and modem options > pilih tab modems jika modem sudah terinstall maka akan muncul nama modemnya klo gak da install lagi aja
2.       Buat koneksi internet baru  untuk dial up caranya masuk ke control panel > new connections > create a new connection > muncul new connection wizard > next
3.       Setelah itu ikuti seperti gambar dibawah ini pilih connect to the internet
4.        pilih set up my connection manually
5.       pilih connect using a dial-up modem
6.       Untuk ISP name isi : telkomnet@instant
7.       Masukan di phone number : 080989999
8.       pada internet account  username : telkomnet@instant , password : telkom
9.       jika sudah selesai settingnya tinggal klik dial nanti proses dialup akan berjalan jika berhasil maka akan tampil pop up "network is connected"













BAB III
PENUTUP
3.1  KESIMPULAN
1. Perangkat Keras (Hardware) Yang diperlukan untuk akses internet diantaranya :
1.    Komputer
2.    MODEM (MOdulator DEModulator).
3.    Saluran Telepon
4.    Hub
5.    Switch
6.    Bridge
7.    Router
8.    Acces Point
9.    Kabel
10.                        NIC atau Ethernet Card
11.                        Konektor
12.                        Repeater

2.             Cara Akses Internet menggunakan :
1.      ISP (Internet Service Provider)
2.      Metode Dial Up











DAFTAR PUSTAKA



https://inablwhte.wordpress.com/school-assignment/hardware-untuk-akses-internet-beserta-fungsi.html
Diakses 14 Desember 2015 Pkl 10:48 WIB
Diakses 14 Desember 2015 Pkl 11:19 WIB
http://rizkiameliarusdi.blogspot.co.id/2013/04/makalah-tata-cara-akses-internet-dan_1.html

Diakses 14 Desember 2015 Pkl. 11:34 WIB

https://nindaihaula.wordpress.com/03-cara-mengakses-internet.html

Dikses 15 Desember 2015 Pkl 13:48 WIB


0 komentar:

Posting Komentar

Design by BlogSpotDesign | Ngetik Dot Com